Kamis, 17 November 2011

2012, Dishub Targetkan Ferry Masuk Moti

Laporan : A.R.Tomawonge
TERNATE- Dinas Perhubungan Kota Ternate berupaya melakukan terobosan baru. ditahun 2012 mendatang, masyarakat Kecamatan Moti ditargetkan sudah dapat menikmati jasa transportasi kapal ferry.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate, Samin Marsaolly yang ditemui kemarin mengatakan, telah ada perencanaan untuk menjadikan kecamatan moti sebagai transit pelayaran ferry jurusan Ternate – Bacan. Perencanaan itu dimaksudkan untuk membuka ruang isolasi yang selama ini dirasakan oleh masyarakat kecamatan Moti.
“ dengan terbukannya ruang, maka terbuka pula aspek ekonomi. Selama ini masyarakat menggunakan jasa motor kayu, maka kedepan mereka akan menggunakan jasa Ferry yang tentunya masyarakat akan lebih berani mengangkut bawaan yang banyak,” katanya.
Saat ini menurut dia, pihaknya menunggu tenaga operator dari kementrian perhubungan guna melakukan survey kelayakan tempat labuh. Meski demikian, terkait dengan rencana tersebut PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) tidak dapat diabaikan. BUMN ini memiliki peranan penting dalam mendorong suksesnya rencana itu.
“ Nantinya ASDP selaku operator pelaksana nantinya akan mempertimbangkan aspek tekhnis. Yang jelas target kita 2012 sudah harus jalan. Tapi sekali lagi menyangkut dengan tekhnis dan jawaban prioritas serta kapan dapat dilakukan, adanya di ASDP,” ujarnya.
Pemerintah daerah menurut dia, hingga saat ini selain berkeinginan besar rencana tersebut terlaksana, juga telah memikirkan bagaimana memberikan subsidi terhadap pelayaran itu. Tentunya dengan hitungan, kemiringan dari jalur rute ternate menuju bacan dengan mempertimbangkan berapa banyak Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terpakai.
“ Subsidi ini kita berikan kepada operator, dan dalam bentuk uang yang nantinya di ambil dari dana APBN. Pertama beroperasi kemudian, secara ekonomis ASDP melihat ada keuntungan maka akan ada rute sendiri untuk pelayaran ke Moti setelah melalui pengkajian yang matang,” ungkapnya. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar