Rabu, 16 November 2011

Kopjas Keuangan Syariah Diresmikan


TERNATE- Koperasi Jasa Keuangan Syariah milik komunitas Usaha Mikro Muamalat dan berbasis mesjid kemarin diresmikan Wakil Walikota Ternate, Arifin Djafar.
Dalam peresmiannya, Arifin mengatakan, pemerintah kota ternate memberikan apresiasi mendalam atas terbentuknya koperasi jasa keuangan itu. Pasalnya menurut dia, dengan terbentuknya koperasi jasa, memberikan gambaran betapa masyarakat Kota Ternate memiliki pemahaman terhadap pengelolaan keuangan berbasis syariah.
“ Kita tahu bahwa pertumbuhan ekonomi kota ternate sebagai kota jasa dan perdagangan terus mengalami peningkatan dan perbaikan seiring semangat berusaha dari masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dengan lahirnya berbagai usaha mikro diberbagai bidang bidang usaha yang menandai bahwa kota ternate mempunyai potensi sebagai pusat ekonomi maluku utara sangat menggembirakan,” katanya.
Disentilnya, pada tahun 2011 ini, hingga pada bulan  juni kemarin, telah ada sebanyak 277 koperasi dan pertambahan jumlah koperasi yang berbadan hukum koperasi jasa keuangan syariah atau BMT sebanyak 6 buah. Peranan koperasi itu menurut dia sangat diharapkan dan membantu perilaku usaha mikro ditengah kesulitan permodalan.
“ sinergitas koperasi ini mampu memberikan jawaban atas permasalahan permodalan skala kecil dengan tingkat bunga yang relatif terjangkau. Peranan koperasi juga memberikan alternatif kepada anggota yang selama ini masih terbelit dengan para rentenir yang juga ikut tumbuh dengan semangat kewirausahawan masyarakat,” ujarnya.
Karena itu, dia berharap kedepan nanti, dalam mendorong penguatan lembaga koperasi, tentunya membutuhkan komitmen bersama antara anggota dan pengurus serta pengelolanya untuk menjadikan koperasi sebagai milik bersama dalam meningkatkan kesejahteraan.
“ Karena itu saya ingatkan, teruslah meningkatkan profesionalisme pengelolaan lembaga yang diikuti peningkatan amanah dan pertanggungjawaban,” harapnya. (amy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar