Selasa, 15 November 2011

Walikota Pidato, PNS Santai

TERNATE- Semangat Walikota Ternate, Burhan Abdulrahman mendorong disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan pemerintah Kota Ternate mulai diuji. Komitmen itu sepertinya tidak membekas dihati para PNS. Buktinya, masih banyak yang lalai dan menganggap remeh semangat itu.
Sikap indisipliner ini terlihat saat digelarnya upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-47 dihalaman kantor Walikota Ternate, kemarin. Disaat ribuan PNS tengah berdiri siap mengikuti upacara, puluhan PNS yang lain malah datang terlambat. Meskipun sudah terlambat, para PNS ini memilih bersembunyi dibalik-balik mobil dinas yang terparkir sepanjang jalan mulai dari Masjid Al-Mutatahirin Kelurahan Maliaro sampai dekat Kantor Walikota.
Tidak hanya itu, sejumlah PNS lain yang tanpa malu-malu, bahkan asyik duduk diatas kendaraan roda dua sambil menghisap rokok dan bercanda dengan PNS yang lain. Dan diantaranya juga, ada yang tengah asyik menyantap nasi kuning disalah satu rumah makan yang berdekatan dengan Kantor Walikota.
Sikap puluhan PNS ini sangat kontras dengan keinginan Walikota, dimana pemkot berkeinginan mendorong peningkatan disiplin pegawai dalam menata pengelolaan birokrasi. Bahkan, sikap indispliner ini sendiri masih saja terjadi setelah kegiatan-kegiatan sidak yang intens dilakukan Walikota, wakil walikota dan Sekertaris Daerah.
Kegiatan upacara itu sendiri dimulai pada pukul 07.30 WIT, waktu dimana seluruh PNS sudah seharusnya berada di kantor. Sayangnya, disaat Walikota membacakan sambutan menteri kesehatan-pun, puluhan PNS itu malah makin acuh. Mereka (PNS) kemudian bergabung dengan barisan setelah upacara selesai dilakukan.
Sementara itu,Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kota Ternate, Jusuf Sunya saat dihubungi kemarin mengatakan PNS yang tidak mengikuti upacara HKN tetap akan diambil absen. Pasalnya, komitmen mendorong disiplin sudah menjadi langkah prioritas pemerintah Kota Ternate yakni walikota dan seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
“ jadi yang tidak ikut upacara akan dikenai sanksi,” tegasnya. (amy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar