Selasa, 15 November 2011

Gempah 6,4 SR Getarkan Ternate

 TERNATE-  Sekitar pukul 13.05 WIT, Gempah tektonik berkekuatan 6,4 Skala Richter menggetarkan Ternate.
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Kota Ternate Helmy Agus Riyadi saat dihubungi kemarin, mengatakan, gempah tersebut berpusat di 0,9 lintang selatan – 126,91 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer.
“ Kekuatannya enam koma empat ska ricter, namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami,” katanya.
Dijelaskannya, getaran bumi yang membuat masyarakat kota ternate panik selama tiga menit berdekatan dengan Kabupaten Halmhera Selatan (Halsel) atau 69 kilo meter barat daya Labuha, Halsel atau jaraknya 196 kilometer dari pulau Ternate.
 “Waktu gempa terjadi sekitar pukul 13 lebih 05 waktu Indonesia bagian timur, pusat gempa 0,9 lintang selatan -126,91 bujur timur dengan kedalamam 10 kilometer dengan kekuatan gempa 6,4 skala ricter, jarak gempa 69 kilometer barat daya labuha Halmahera Selatan dan di rasakan di Ternate sekitar 3 mmi.” Jelasnya.
Dia mengaku, hingga saat ini, pihaknya belum mendapatkannya laporan resmi dari Kabupaten Halmahera Selatan. Hanya saja menurut dia, setelah gempah yang terjadi itu, gempa-gempa susulan dengan getaran relative lebih rendah masih akan terjadi.
“ Sekali lagi ini tidak berpotensi tsunami,” tandasnya. (amy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar